Tips Agar Terhindar Dari Penipuan Iklan Lowongan Pekerjaan Online

Begitu banyaknya lowongan iklan pekerjaan yang ada di internet saat ini, contohnya yang bisa anda jadikan rujukan dalam mencari kerja adalah Lowongan Kerja Kaltim, kadang membuat kita atau kadang saya ketika mencari pekerjaan dibuat ragu dalam mencari pekerjaan yang bener-benar iklan lowongan pekerjaan atau hanya sekedar modus penipuan belaka.
Modus penipuan memang beraneka ragam, ada yang tujuannya untuk uang ada pula yang hanya sekedar mengumpulkan data para pelamar.
Jika modusnya uang sudah tentu kita bisa mengatasinya dengan cara jangan pernah sekali-sekali mengirimkan uang demi kelancaran jalan kita untuk bisa diterima kerja di perusahaan tersebut, karena sebenarnya untuk lowongan kerja atau perusahaan yang saya tahu tidak pernah meminta uang sepeserpun kepada calon pelamar kerja, ini kan yang namanya jatuh tertimpa tangga, masih nganggur mau mencari kerja sudah dimintai dana.
Mari kita simak apa saja sebenarnya yang harus kita tahu atau agar kita bisa terhindar dari modus-modus penipuan iklan lowongan kerja, berikut ini saya coba share kepada teman-teman semua.

  1. Keuangan adalah bagian dari Perusahaan – Jadi pengusaha harus membayar Anda, bukan sebaliknya. Jika diminta untuk membayar administrasi, biaya pelatihan, atau apa pun, anda harus meneliti lagi pekerjaan dan perusahaan tersebut.
  2. Bersikap bijak dan waspada – Pencari kerja sering bersedia melakukan apa pun untuk mendapatkan pekerjaan, penipu memanfaatkan antusiasme dan memanipulasi korban mereka. Jika Anda sedang mencari pekerjaan, ingatlah bahwa tidak semua yang ada di iklan lowongan pekerjaan adalah asli, teliti kredibilitas perusahaan, jangan ragu untuk mengajukan pertanyaan kepada calon atasan, tentu saja tidak takut untuk mengatakan “tidak” jika Anda berpikir Anda telah menjadi korban penipuan atau seseorang sedang mencoba untuk menipu Anda.
  3. Usahakan tidak melakukan segala sesuatunya secara online – Internet telah menyediakan sangat banyak informasi dan kemudahan dalam berinteraksi, diantaranya informasi untuk seseorang menemukan pekerjaan dan melamar pekerjaan. Pada saat proses pelamaran pekerjaan banyak perusahaan yang menyediakan layanan penerimaan pegawai/karyawan secara online atau via email. Pada titik tertentu ada fase seseorang pencari kerja dan perusahaan akan saling berinteraksi dan berdikusi yang biasa disebut wawancara. Usahakan dalam point ini untuk langsung bertemu dengan pihak perusahaan. Anda harus berhati-hati bila ada perusahaan yang tetap menjaga hubungan semata-mata hanya lewat email atau online.
  4. Jangan pernah memberikan informasi pribadi secara rinci – waspadai setiap permintaan data pribadi secara rinci seperti no rekening bank dsb, saat wawancara atau melamar pekerjaan. Hingga anda telah memiliki pekerjaan tersebut atau setidaknya setelah anda bertemu muka dengan muka.

Demikianlah tulisan singkat mengenai tips agar kita bisa terhindar dari penipuan iklan lowongan pekerjaan online, dan selalu Ingat kejahatan selalu mengintai disekitar kita. Selalu waspada dan bijak dalam segala hal agar tidak menyesal di kemudian hari. Terimakasih

Comments

  • No Comment Yet
Please login first for post a comment

Widget

Blogroll